AKIRA KUROSAWA

21 march 2011

AKIRA KUROSAWA

adalah seorang pengarah JEPUN yang snagat hebat.
pelbagai koleksi cerita menarik yang telah diarah oleh beliau.


Kurosawa Akira (1910 – 1998) dinilai sebagai seniman penting dan berpengaruh dalam sejarah perfilman dunia. Menerima ‘Lifetime Achievement’ dan dijuluki "Asian of the Century" untuk bidang seni, sastra dan budaya oleh majalah AsianWeek.  CNN, menetapkannya sebagai satu dari 5 orang yang paling berkomitmen terhadap perubahan Asia dalam 100 tahun terakhir.
.

SINOPSIS :
Madadayo ( Akira Kurosawa  )(1993), 134 menit.
Setelah pensiun prof.Uchida masih kerap menerima kunjungan  beberapa bekas mahasiswanya. Bagi mereka  pak Uchida adalah seorang pengajar hebat, tulus dan baik hati yang mengajarkan kehidupan, termasuk kepada pencuri yang akan merampoknya. Ketika bom menghancurkan rumah pak Uchida mereka mengadakan pertemuan "Mada-Kai" sebagai penghormatan kepada guru mereka yang juga berarti "apakah kamu sudah siap (untuk mati)?", yang harus dijawab oleh pak Uchida dengan "Mada dayo!" yang berarti "Belum, tuh!". Mereka juga menghadiahkan sebuah rumah kecil yang nyaman bagi pak Uchida dan isterinya.

Catatan:
Film terakhir Akira Kurosawa seputar hubungan erat antara pengajar dan muridnya. Hal ini membuat beberapa orang mencurigai jika tokoh sang guru  merupakan perwujudan dari diri Kurosawa sendiri.

SINOPSIS:
Higanbana (Yasujiro Ozu) (1958)
Wataru Hirayama, Kawai, Mikami dan Sugai berkumpul untuk bernostalgia. Hirayama  mempunyai dua orang putri, yaitu Setsuko, karyawati kantor dan Hisako, pelajar SMA.  Mikami mempunyai seorang putri, Fumiko yang tidak patuh dan kabur dari rumah.

Hirayama yang memahami putri temannya, tidak mengerti pada putrinya sendiri, Setsuko yang akan dipersunting Taniguchi, pemuda yang dicintainya. Padahal, Hirayama telah berencana menjodohkan Setsuko dengan putra keluarga terkemuka.

Pemilik penginapan langganan Hirayama berjanji akan membantu Setsuko melakukan persiapan pernikahan Setsuko.  Hirayama yang marah akhirnya luluh dan memutuskan datang untuk membuat kejutan pada Setsuko.

Memperingati 100 tahun Akira Kurosawa
1. Sanshiro Sugata (1943, 79min./B&W/Standard)
2. Drunken Angel (1948, 98min./B&W/Standard)
3. Stray Dog (1949, 122min./B&W/Standard)
4. Ikiru (1952, 143min./B&W/Standard)
5. Seven Samurai (1954, 207min./B&W/Standard)
6. Yojimbo/The Bodyguard (1961, 110min./B&W/Cinemascope)
7. Sanjuro (1962, 96min./B&W/Cinemascope)
8. High and Low (1963, 143min./B&W, Partially Color/Cinemascope)
9. Red Beard (1965, 185min./B&W/Cinemascope)
10. Dodesukaden (1970, 140min./Color/Standard)

Akira Kurosawa lahir 1910-adalah pengarah,producer, dan penulis skrip film. Ia telah mengarah 30 judul sepanjang 57 tahun cariernya di dunia film. Kurosawa mendapat pengakuan dunia salah seorang pengarah yang berpengaruh dan memberikan inspirasi di antara para seniman. Ia dianugerahi Academy Award Pencapaian Seumur Hidup di tahun 1989 sebagai apresiasi terhadap prestasinya memberikan inspirasi, memperkaya, menggembirakan, dan menghibur penonton, serta mempengaruhi banyak seniman di seluruh dunia. .

*kajian saya ketika pameran berlangsung di kolej*


sakura, 01: 59am




No comments:

Post a Comment